Cara Membuat Spinner Di Aide



Spinner



Hai bro ketemu lagi ama ane nih yang terus kasih tutorial di blog saya ini ga terasa bentar lagi idul fitri ya jadi saya mohon maap kalo ada salah :v oh iya saya kali ini mau membuat tutorial cara membuat Spinner nih
Spinner adalahsalah satu widget yang berfungsi sebagai komponen User Interface (Antar Muka), yang dapat menampilkan daftar item drop down. Jadi untuk menampilkan suatu daftar pilihan ,kita harus mengklik item berbentuk widget Spinner terlebih dahulu bro.
langsung aja simak baik2 langkah-langkah pembuatan nya
  1. Langkah pertama buat lah project baru di aide dengan sengan setting sebagai berikut
    • Name : Spinner
    • Package Name : com.belajar.spinner
  2. Lalu buat lah 1 ImageView dan 1 Spinner disini kita akan membuat Spinner yang menampilkan daftar gambar yg nanti di tampilkan oleh ImageView buat lah kode nya seperti berikut




  3. Nah sekarang kita beralih ke MainActivity.java disini kita membuat private String data yang di isi daftar nama nya lalu menginisialisasikan ImageView dan Spinner nya



  4. Dan kita pass kan data ke Adapter dan kita setAdapter di spinner nya agar menampilkan Data nya atau bisa liat kode di bawah ini

    bisa di lihat kita menggunakan if untuk memberi aksi di setiap daftar String nya yg mengeset gambar nya di ImageView. Di dalam if bisa dilihat kita mengurutkan dari nomer 0-4 yang berarti kita mengeset 5 daftar String nya



  5. Lalu Run project tersebut bila tidak terjadi eror tampilannnya akan seperti di bawah ini
    ContohSpinner
    ContohSpinner



Seperti biasa bila ada yang kesulitan saya selalu menyediakan Source Code nya yang bisa di download disini mungkin sekian tutorial kali ini tentang spinner kalo ada salah dalam pengertian nya mohom di maklumi karna saya hanya nubir gajelas :v sekian dari ane wassalamualikum wr.wrb :)






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Spinner Di Aide"

Post a Comment

Hellow berkomentar lah dengan kata yang baik dan tidak menggunakan kata-kata yang kasar dan vulgar juga jangan komentar dengan link aktif jika tidak ingin di hapus komentar oleh admin