Cara Membuat Contextual Background Sendiri Di Aide



ContextualBackground


Hai guys Balik lagi sama saya di blog tercinta saya ini bregnet
kali ini saya bakal Share Tutorial Cara membuat Contextual Background bagi para opreker pasti sudah tidak asing dengan namanya Contextual Background yups para opreker pasti sudah pernah memasang nya di systemUi karena kata saya itu sangat cocok untuk tampilan expanded header nya membuat terlihat cantik gimana gitu :-D

Oiya Bagi yang belum tau apa Itu Contextual Background Saya mau jelasin dikit nih :-D
Contextual Background Adalah LatarBelakang/Background Yg berganti2 mengikuti Jam yang Sudah di atur Biasanya Background nya ada 4 yaitu Pagi,Siang,Sore dan malam Pasti tau lah Pembagian waktunya dan kapan bg itu bergantinya  :-D nah sekarang kita bisa membuatnya sendiri di Aide mudah ko gasulit :-D yang sulit tuh mempertahan sesuatu yang berharga :v jadi curhat kan :v Langsung aja ya ke langkah-langkah pembuatan nya :)



  1. Pertama buat lah project baru di aide dengan mengklik create new project di folder AppProject kalian di aide Lalu Buat Nama dan Package name nya seperti berikut atau terserah kalian asal tau apa yang harus di rubah ya 
    • Name : ContextualBackground
    • Package Name : com.contextual.background
  2. Sekarang kita buat class baru di aide dengan nama ContextualBackground nah sekarang kita buat extends nya menjadi LinearLayout atau terserah kalian mau RelativeLayout atau Framelayout, saya membuat extends nya LinearLayout seperti ini public class ContextualBackground extends LinearLayout maka layout Contextual ini akan menyerupai LinearLayout gitu lah :D
  3. Sekarang tambahkan kode private di bawah ini di dalam public class tdi

  4. Sekrang tambahkan kode di bawah ini setelah kode private di atas tadi

  5. Nah untuk mengatur pembagian waktu dan pergantian background nya kita menggunakan kondisi If bisa di lihat kode di bawah ini



    Nah bisa dilihat saya sudah memberi tanda mana kode pembagian waktu buat pagi,siang,sore dan malam nya pasti ngerti lah kalo udah di tandai gitu mah ya :v nah di masing-masing kondisi if saya sudah memberi kode untuk mengeset background layout tersebut dengan gambar Contextualnya jadi sudah terbayang dong alur nya ke gimana :)
  6. Bila masih susah penempatan nya saya sediain ContextualBackground.java yang sudah full nya nih

  7. Sekarang Kita memanggil ContextualBackgroud.java tadi di main.xml agar bisa terlihat hasil nya harus di ingat kita memanggilnya dengan tag Diretory(folder) si java package name Di tutor ini kan com.contextual.background dan file java nya ada di folder background jadi tinggal di tambahkan nama file java nya seperti ini com.contextual.background.ContextualBackground pasti ngerti lah :D atau bisa check kode di bawah
  8. Terakhir tinggal Run project nya jika tidak terjadi eror maka tampilan nya kurang lebih akan seperti di bawah ini, ss nya cuman dua soalnya pengambilan ss nya malem dan siang :D jadi yang muncul ya siang sama malem doang Masa iya saya harus nunggu sore ama pagi buat ngambil ss nya doang :D
    ContohContextualBackgroundContohContextualBackground
Seperti biasa lagi saya menyediakan Link Source Code Disini
oiya maap kalo design nya jellek :D maklum kurang ahli saya kalo kalian pinter kalian Design ajj biar keren :D

ya mungkin sekian dari saya tentang membuat Contextual Background Ini dan saya terimakasih Ke Yang punya Png Contextual Background nya :D
dan ke DimaztBex Soalnya Ini base GreetingText Buatan Dia :D
ya pokonya makasih lah :D wassalamualikum wr.wb :*


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Membuat Contextual Background Sendiri Di Aide"

  1. ini blog paling keren buat para programer...jadi pengen terjun ke dunia programing

    ReplyDelete

Hellow berkomentar lah dengan kata yang baik dan tidak menggunakan kata-kata yang kasar dan vulgar juga jangan komentar dengan link aktif jika tidak ingin di hapus komentar oleh admin