Cara Membuat SeekBar Change TextSize






Hai guys balik lagi dengan saya di Bregnet ini kali ini saya mau berbagi cara membuat SeekBar apa itu SeekBar ?
SeekBar adalah salah satu widget ,yang berfungsi untuk menampilkan ekstensi dari widget progressbar, namun dengan cara di drag dengan jari atau touch kita (draggable). Widget ini umumnya dipakai untuk keperluan setting atau pengaturan. Seperti saat kita mengatur volume sound atau brightness(pencahayaan) di perangkat Android kita.
Nah kali ini kita akan membuat SeekBar untuk mengatur ukuran text jadi ukuran text bisa di atur dengan SeekBar itu oke simak tutorial membuat SeekBarChangeTextSize nya ya
Step by Step
  • Langkah pertama buatlah project baru di aide dengan keterangan nya sebagai berikut
    1. Name : SeekBar
    2. Package Name : seekbar.change.textsize
  • Selanjutnya kita edit main.xml dan buat lah TextView,EditText,Button, dan SeekBar. Kita membuat EditText untuk inputan Text yang nanti akan di tampilkan di TextView dangam mengKlik Button dan SeekBar untuk mengatur Ukuran Huruf atau TextSize



  • Lalu kita inisialisasikan atau perkenal kan masing2 layout di MainActivity.java yang telah kita buat di main.xml tadi dan kita beri aksi di masing² Widget tadi atau lihat kode di bawah

  • kemudian buat lah class baru dengan nama PrefsEditText.java class setau saya ini untuk mengambil hasil dari edittext dan dikirim ke TextView tapi entah lah ane kurang tau ini ane nyontek ke Source Code Mas Alfian Yusuf Abldullah :v

  • Terakhir Run project nya bila tidak terjadi eror akan menampilkan seperti ss di bawah

Hiraukan Bacaan Text yang di ss nya :v
bagi yang masih susah bisa download source code nya disini
mungkin hanya ini yang bisa saya share kali ini bila ada kesalahan mohon di maap kan karena saya hanya nuwbie yang masih belajar :v wassalmualikum wr.wb

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Membuat SeekBar Change TextSize"

  1. kalau boleh nanya ini pakai aplikasi atau gimana ya? soalnya saya baru tau bahasa ini (mirip html atau memang html?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anjay Mas Ozi :v ini pemograman xml dan java om yang biasa ada di aplikasi android , klo html mah kan build website nah kalo xml dan java buat build aplikasi

      Delete

Hellow berkomentar lah dengan kata yang baik dan tidak menggunakan kata-kata yang kasar dan vulgar juga jangan komentar dengan link aktif jika tidak ingin di hapus komentar oleh admin